Jl. Taman Sari No.11, Pekanbaru lp3ipekanbaru11@gmail.com 085211166926

DALAM RANGKA MENYAMBUT ULANG TAHUN YANG KE 34TAHUN DAN BULAN RAMADHAN 1444 H, POLITEKNIK KAMPUS LP3I PEKANBARU GELAR AKSI DONOR DARAH

Pekanbaru- Politeknik kampus LP3I Pekanbaru menggelar aksi Donor Darah. Kegiatan ini sebagai salah satu wujud kepedulian manajemen politeknik kampus LP3I Pekanbaru khususnya kepada masyarakat dalam Ulang Tahun politeknik  LP3I Pekanbaru dan menyambut bulan suci yang penih berkah dengan mengusung tema “AYO DONOR DARAH”. Dilaksanakan di langsung di Politeknik kampus LP3I Pekanbaru tanggal 18 Meret 2023, kegiatan ini bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru.

Dalam acara ini, setidaknya lebih dari 100 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Jumlah ini melampaui jumlah pada saat dilakukan pendataan awal calon pendonor.  Setelah melalui tahap awal yaitu cek kesehatan oleh dokter yang bertugas, dengan sangat terpaksa ada beberapa pendaftar gagal dan tidak dapat melanjutkan donor darah karena tidak memenuhi kriteria dan persyaratan secara medis. Penyebab gagalnya tersebut antara lain dikarenakan kadar hemoglobin (Hb) kurang, tekanan darah tinggi, mengkonsumsi antibiotik dalam kurun waktu satu minggu sebelum donor darah, dan berat badan yang belum memenuhi syarat medis.

Persyaratan dasar untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah adalah pendonor berusia 17 hingga 70 tahun. Berat badan minimal adalah 45 kg dengan tekanan darah sistole di bawah 180 dan diastole di bawah 100, untuk orang dengan tekanan darah yang cenderung tinggi. Sementara, orang dengan tekanan darah rendah, tekanan darah sistole/diastole yang dianggap aman adalah 90/50. Pendonor juga sebaiknya memiliki kadar hemoglobin sekitar 12,5-17 g/dL, dan tidak lebih dari 20 g/dL.
 
Disamping hal di atas telah dipenuhi, syarat lainnya yaitu memiliki tubuh sehat secara jasmani. Hal ini penting mengingat darah pendonor akan masuk ke dalam tubuh seseorang.

Antuasias Para peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini terdiri dari para pegawai/Karyawan pada politeknik kampus LP3I Pekanbaru, mahasiswa/i kampus, masyarakat yang berdomisili disekitar lingkungan kampus, dosen dan civitas akademika kampus serta stakeholder yang berasal dari Satuan Kerja donor darah. Beberapa dari peserta sudah terbiasa mendonorkan darahnya dan bahkan terdaftar menjadi pendonor tetap.
 
“Saya sangat senang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan (donor darah) ini,” ujar Bapak Delfian Zaman selaku kepala akademik politeknik kampus LP3I Pekanbaru. Menurutnya, ia telah rutin melakukan donor darah setiap 3 (tiga) bulan sekali.  Berbeda dengan rizka salah satu mahasiswi jurusan administrasi bisnis, Ia merasa  kecewa karena gagal melakukan donor darah disebabkan tidak lolos tes medis.

 Aksi donor darah ini juga mendapatkan apresiasi positif dari petugas UTD PMI Kota Pekanbaru.Disampaikannya bahwa donor darah kali ini mendapatkan sebanyak 60 kantong darah yang nantinya disumbangkan kepada masyarakat kota pekanbaru yang membutuhkanDiharapkan, kedepannya kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin 

Diposting oleh ZULFADHLI
telah diupload 438 hari yang lalu